6 Nama Pakaian Adat Jawa Barat Yang Wajib Anda Ketahui

Membahas tentang pakaian adat Jawa Barat, maka yang terlintas dalam benak kepala adalah pakaian adat Sunda. Alasannya karena memang suku Sunda merupakan suku asli dari Jawa Barat. Jadi, nama pakaian adat Jawa Barat tidak jauh beda dengan pakaian adat Sunda.

 

Provinsi Jawa Barat merupakan provinsi yang memiliki wilayah yang penduduknya sebagian besar berasal dari suku Sunda. Berbicara pakaian adat Jawa Barat ini memiliki jenis yang tidak hanya 1 jenis saja seperti halnya dengan provinsi lain.

Pakaian Adat Jawa Barat dan Penjelasannya

Pakaian Adat Jawa Barat
                                                    Pakaian Adat Jawa Barat

Pakaian adat Jawa Barat ini memiliki nama dan keunikan sehingga bisa mengalami pengembangan dalam desain pakaiannya. Pakaian adat ini juga sekarang lebih modern namun tanpa meninggalkan ciri khas.

 

Perlu Anda ketahui jika ada beberapa keunikan lain dari nama pakaian adat jawa barat ini, yaitu berdasarkan pada kelas sosial. Jika celana pangsi biasa dipakai untuk masyarakat kelas bawah, maka dari itu celana tersebut bisa dipakai dalam sehari-hari.

1. Beskap

 

Beskap adalah nama pakaian atau baju adat Jawa Barat. Bentuknya memang seperti jas tetapi bentuknya juga sama dengan kemeja lengan panjang. Beskap memiliki bahan yang tebal dan lebih cocok ditambah dengan jam emas rantai di saku sebelah kiri.

 

Beskap ini memiliki warna dasar hitam, tetapi ada juga yang memakai beskap ini dengan warna lain. Dengan memakai beskap tidak perlu khawatir jika dikatakan kuno karena kesannya dan model bentuknya tetap anak muda Jawa Barat banget.

2. Baju Bedahan

 

Baju Bedahan yang dulunya sering dipakai oleh para pedagang atau pengusaha. Baju bedahan untuk wanita bisa tetap memakai kebaya tetapi dengan model yang pendek di bagian depannya. Kancingnya pada baju ini juga tidak berada di bagian tengah tetapi dipinggir dan hanya kancing pengait saja.

 

Pada baju bedahan pria yakni memakai jas setelan berwarna putih dengan dipadukan kemeja putih di bagian dalamnya. Namun dengan seiring berkembangnya zaman bisa menggunakan dasi kupu-kupu hitam.

3. Celana pangsi (H3)

 

Celana pangsi merupakan celana yang sangat populer dipakai di wilayah Jawa Barat. Celana pangsi juga bisa dikombinasikan dengan baju salontreng dan ikat kepala sebagai ciri khasnya.

 

Celana pangsi merupakan celana yang bentuknya kombor atau longgar sehingga nyaman untuk dipakai sehari-hari. Ditambah lagi dengan aksesoris kain sarung sebagai selendang atau hanya diselempangkan menyilang di bahu.

 

4. Baju mojang jajaka

 

Baju Mojang Jajaka adalah pakaian adat Jawa Barat yang terbuat dari kain beludru dengan motif yang sederhana. Pakaian adat ini bisa dipakai oleh berbagai kalangan umur terutama bagi anak muda. Meskipun motif kebaya memang terkesan tua, namun tidak hal nya dengan pakaian adat yang satu ini.

 

5. Jas beludru

 

Jas beludru identik dengan kemewahan bagi pakaian adat Jawa barat ini sehingga dulunya sering dipakai oleh kaum bangsawan. Ditambah lagi jas ini mempunyai motif benang sulaman berwarna emas. Sehingga saat dipakai sangatlah menawan untuk pemakainya.

 

Aksesoris yang dipakai saat menggunakan jas beludru ini yaitu blangkon motif batik yang ada kerlipnya. Kemudian ditambah lagi bross di bagian depannya.

 

6. Kebaya Sunda

 

Kebaya sunda ini cocok sekali dipakai oleh Wanita terutama wanita di Jawa Barat. Meskipun begitu kebaya Jawa Barat ini memiliki sedikit perbedaan dengan kebaya Jawa Timur dan Jawa Tengah.

 

Untuk pakaian adat ini perbedaanya terletak pada bentuk bagian leher sehingga terkesan kebaya modern. Jika kebaya lama cenderung memiliki persamaan dengan kebaya Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Leave a Comment