5 Nama pakaian adat jogja yang perlu kamu ketahui

5 Nama pakaian adat jogja yang perlu kamu ketahui

Sebagai kota pariwisata terkenal, Jogja menyimpan banyak keunikan salah satunya yakni pakaian adat. Sehingga sangat menarik untuk kita simak bersama. Ada berbagai macam pakaian adat yang selalu digunakan oleh warga jogja. 

Pakaian adat jogja
                                                                Pakaian adat jogja

Nama Pakaian Adat Jogja dan Keunikannya

 

 

Kota jogja ialah kota yang memiliki potensi kebudayaan baik itu kebudayaan yang bersifat fisik maupun nonfisik. Perlu Anda ketahui pula jika kota Yogyakarta ini sangatlah identik dengan pakaian adatnya. Di daerah jogja ini pula memiliki keraton yang melakukan pertunjukkan adat setiap harinya. 

 

Namun pakaian yang kami ulas kali ini biasanya digunakan untuk hari-hari besar atau upacara adat. Yuk, tanpa panjang lebar lagi mari kita simak bersama istilah atau nama pakaian adat khas jogja dibawah ini. 

1. Surjan 

 

Pakaian adat jogja
                                         Pakaian adat jogja

Surjan ialah pakaian adat jogja yang mungkin Anda pasti mengetahuinya. Pakaian ini sering digunakan oleh para pria saat melakukan upacara Grebeg. Motif pada pakaian surjan ini bermacam-macam, namun yang paling sering dipakai biasanya pakaian surjan dengan motif bergaris-garis berwarna coklat. Saat pria yang memakai pakaian surjan biasanya digabungkan dengan kain jarik bermotif dan blangkon untuk dipakai di kepala. 

2. Kain jarik 

Pakaian adat jogja
                                                               Pakaian adat jogja

 

Kain jarik memang sudah terkenal sebagai pakaian yang identik khas Jawa, salah satunya di kota Yogyakarta. Kain jarik ini mempunyai motif batik dengan banyak sekali corak. Jenis motif pada kain jarik ini yang terkenal adalah sidomulyo, sidomukti, dan sekar jagad. Kain jarik ini bisa dipakai oleh pria maupun wanita. 

3. Kebaya beledu 

 

Pakaian adat jogja
                                                     Pakaian adat jogja

Persis dari kebaya-kebaya yang ada di Jawa pada umumnya, kebaya beledu juga dipakai wanita jogja. Kebaya ini dipakai bersamaan dengan kain jarik. Selain itu kebaya beledu tidak hanya terbuat dari bahan beledu saja, kebaya ini juga ada yang terbuat dari kain sutra, katun, dan sebagainya. Kebaya beledu mempunyai arti sebagai tindak tanduk wanita yang harus lemah lembut. 

 

Wanita jogja saat mengenakan kebaya beledu ini juga memakai konde di kepalanya. Serta kalung bersusun yang ada di bagian dada kebaya beledu tersebut. Asal Anda perlu ketahui bahwa kalung ini memiliki arti yakni makna 3 tingat kehidupan manusia yakni lahir, menikah, dan kematian. 

4. Pakaian abdi dalem 

 

Pakaian adat jogja
                                     Pakaian adat jogja

Tahukah Anda jika abdi dalem ialah sebutan untuk pegawai keraton. Para abdi dalem ini juga memakai pakaian khusus bernama sikep alit dan langeran. Pada sikep alit meliputi dari kain batik sawitan, baju yang mempunyai warna biru tua dengan kancing baju yang bahannya dari tembaga atau kuningan. Destar untuk penutup kepala, lalu ada keris yang ditaruh di bagian pinggang sebelah kanan belakang. 

 

Kemudian ada langeran yang terdiri dari kain batik, lalu baju langeran tersebut terbuat dari laken, ditambah lagi ada kemeja putih dengan kerah berdiri dengan tambahan dasi kupu-kupu. Kemudian abdi dalem menggunakan selop berwarna hitam lalu ada keris model gaymen atau ladrangan yang dibawa. Pakaian abdi dalem dipakai saat ada pertemuan khusus atau dipakai untuk jamuan makan malam.

 

5. Baju ageng 

 

Pakaian adat jogja
                                                                                         Pakaian adat jogja

Baju ageng ialah pakaian yang dipakai oleh pejabat keraton jogja saat melaksanakan tugas. Baju ini terdiri dari jas laken warna hitam dengan motif keemasan di bagiang pinggir dan di bagian tengah ada pula motif keris dan batik. Pakaian ini juga terdapat celana kain warna hitam yang dililitkan kain batik saat memakainya. 

 

Saat pejabaat keraton ini memakai baju ageng juga memakai topi memanjang. Topi ini setinggi 8 cm dengan motif warna keemasan. Ditambah pula sepatu yang warnanya keemasan membuat baju ageng tampak begitu mewah saat dipakai. 

Leave a Comment