5 Nama Pakaian Adat Lampung yang perlu kamu ketahui

5 Nama Pakaian Adat Lampung yang perlu kamu ketahui

Tahukah Anda jika pulau Sumatra ialah salah satu pulau terbesar yang ada di Indonesia. Salah satu provinsi yang ada di Pulau Sumatera yang masih menjaga kebudayaan dan adat istiadat yaitu Lampung. 

 

Provinsi ini terletak di ujung selatan pulau Sumatera yang letaknya berdekatan dengan pulau Jawa. Sehingga provinsi Lampung biasanya dijadikan sebagai tujuan transmigrasi dari penduduk pulau Jawa. 

Pakaian Adat Lampung dan Penjelasannya 

 

Pakaian Adat Lampung
Pakaian Adat Lampung

Penduduk Lampung sangatlah beragam, walaupun begitu provinsi lampung masih mempertahankan budaya dan adat istiadat nya sendiri. salah satu budaya dan adat istiadat yang masih dipertahankan hingga kini yakni pakaian adat Lampung.  

 

Pakaian adat lampung ialah salah satu budaya yang khas dan mempunyai nilai adat istiadat yang tinggi. Menggunakan pakaian adat lampung bisa diartikan sebagai kebesaran budaya Lampung itu sendiri. 

1. Kalung Papan Jajar 

 

Kalung Papan Jajar adalah sebuah kalung yang mempunyai gantungan dengan wujudnya berupa 3 lempengan perahu yang disusun secara berbeda. Aksesoris ini biasanya digunakan oleh para pria sebagai salah satu pelengkap pakaian adat Lampung. 

 

Nilai filosofis yang terkandung dari dalam kalung papan jajar ini ialah suatu simbol kehidupan yang baru akan dijalani dan kemudian diwariskan secara turun temurun. 

 

2. Kalung Buah Jukum 

 

Baju ini merupakan baju dengan satu buah kalung yang mencakup dari gantungan berbentuk serangkaian kecil buah jukum . Wujud dari kalung ini tidak kalah bagusnya dengan kalung papan jajar. Nilai filosofis yang terkandung pula mempunyai simbol doa agar para pengantin segera mempunyai keturunan. 

 

3. Selempang pinang 

 

Selempang pinang ialah kalung yang mempunyai ukuran panjang meliputi gantungan yang mirip dengan buah atau bunga. Aksesoris ini bisa dipadukan dengan kalung-kalung lainnya yang berwarna, maka dari itu kalung ini bisa membaur dengan aksesoris lainnya saat dipakai dengan pakaian adat lampung. 

 

4. Seraja bulan

 

Seraja bulan ialah serangkaian mahkota kecil yang mempunyai beruji 3 dan letaknya ada di atas siger dengan jumlah sebanyak 5 buah. Nilai filosofi yang terkandung dalam seraja bulan adalah melambang kan bahwa di Lampung ada 5 kerajaan yang berkuasa yaitu ratu di punggung, ratu di puncak, ratu dibelalau, ratu darah putih, dan ratu dipemanggilan. 

 

Disamping itu pakaian ini juga memiliki nilai filosofis lainnya yaitu tentang 5 falsafah hidup tentang masyarakat Lampung yaitu terbuka tangan, harga diri, hidup bermasyarakat, bergotong-royong, dan bernama bergelar.  

 

5. Perhiasan Pinggang Dan Lengan

 

Dikala mengenakan busana adat Lampung pada bagian pinggang serta lengan memakai selempang pinang yang digantung dengan cara melintang serta serupa sekali dengan bunga. Disamping itu juga dikenakan seperti sabuk yang berbahan dasar beludru yang mempunyai hiasan kelopak bunga dengan bahan dasar kuningan. Kemudian perhiasan pada bagian lengan ada juga yakni gelang kano, gelang burung, gelang bibit dan gelang duri. 

6. Subang

Aksesoris ini dipakai pada ujung daun telinga pada wanita. Bentuk dari subang sendiri terbuat dari bahan dasar dari emas dan persis dengan buah kenari. Aksesoris subang ini bisa Anda jumpai terdapat kawat kuning berbentuk bulat lonjong yang digunakan sebagai sangkutan umbai-umbai. 

7. Siger

Aksesoris ini adalah mahkota emas yang khas dan dipakai oleh wanita dipadukan dengan pakaian adat Lampung. Mahkota emas ini mempunyai arti dari 9 ruji yang merupakan 9 sungai yang ada di wilayah Lampung. 

 

Leave a Comment