Pengertian dan fungsi USB yang banyak orang tidak tahu

Pengertian dan fungsi USB yang banyak orang tidak tahu

Pengertian dan fungsi USB yang banyak orang tidak

tahu

Pengertian dan fungsi USB yang banyak orang tidak tahu

Sejarah USB

Kemunculan USB ( Universal Serial Bus ) untuk pertama kalinya diprakarsai oleh tujuh perusahaan diantaranya adalah Compaq, DEC, IBM, Intel, Microsoft, NEC dan Nortel pada pertengahan medio 1990an, yaitu sekitar akhir tahun 1994 – 1996. Pada awal kemunculannya USB 1.0 mampu melakukan transfer data hingga 1,5 megabytes per detik. USB diciptakan awalnya hanya untuk menghubungkan perangkat seluler dengan Komputer. Namun pada perkembangannya hingga saat ini USB digunakan oleh orang untuk menghubungkan beberapa perangkat didalam komputer ataupun perangkat dari luar komputer.

Dengan kemunculan USB ( Universal Serial Bus ) ini, orang – orang sangat terbantu, karena mereka bisa menyimban data yang jumlahnya sangat banyak didalam sebuah perangkat yang sangat kecil dan mudah untuk dibawah kemana – mana berbentuk flashdisk. Bukan hanya untuk menyimpan data, menyambungkan perangkat lain dari luar komputer ke dalam komputer bisa dilakukan mudah tanpa harus instalasi driver agar perangkat yang kita sambungkan dikenali oleh komputer.

 

 

  • Pengertian USB

Pengertian dan fungsi USB yang banyak orang tidak tahu
 

USB ( Universal Serial Bus ) adalah sebuah komponen yang terdiri dari port dan konektor untuk melakukan transfer data antar komponen komputer didalam sebuah komputer. Sistem dalam USB ( Universal Serial Bus ) mempunyai desain asimetris. Yang terdiri dari host dan beberpara peralatan penghubung yang berbentuk seperti pohon. Desain USB ( Universal Serial Bus ) ditujukan untuk memperbolehkan peralatan – peralatan dalam komputer untuk ditukar dan ditambahkan tanpa harus mematikan dan menghidupkan ulang komputer tersebut atau tanpa membuat sistem yang sudah berjalan di komputer mengalami crash.

 

  • Fungsi USB

Beberapa fungsi dari USB ( Universal Serial Bus ) secara umum adalah menghubungkan beberapa peralatan diluar komputer kedalam komputer. Beberapa perangkat yang dihubungkan ke komputer bisa berfungsi input unit atau sebagai pemroses data seperti mouse, keyboard dan scanner dan lain sebagainya.

Dan ada juga yang berfungsi sebagai output prossesing unit, misalnya Printer, speaker. Alat – alat tersebut memanfaat transfer data yang sangat cepat dari USB ( Universal Serial Bus ) untuk lebih mengoptimalkan kinerja.

Selain untuk input dan output, ada juga yang berfungsi untuk transfer data dari penyimpanan external atau handphone ke komputer. Dengan falshdisk dan external harddisk, kita bisa menyimpan data hingga ratusan giga kedalam piranti yang kecil dan mudah untuk dibawa kemana – mana. Dan juga kita bisa menyimpan beberapa foto dari handphone ke komputer mengingat terbatasnya ruang penyimpanan dalam handphone. Kita juga bisa memasukkan beberapa lagu yang menjadi koleksi kita di komputer kedalam handphone, tentu hal ini sangat membantu kita dalam menjalankan aktifitas sehari – hari

 

Selain itu ada juga peralatan yang jika dihubungkan ke komputer bisa membantu kita untuk terhubung ke jaringan Internet berupa modem.

 

USB ( Universal Serial Bus ) juga bisa berfungsi sebagai pemasok daya jika dihubungkan dengan smartphone atau beberapa handphone jadul yang mempunyai teknologi untuk diiisi daya dengan disambungkan ke perangkat komputer atau laptop.

Macam – macam USB

Kemunculan USB ( Universal Serial Bus ) untuk pertama kalinya adalah USB 0.7 dirilis pada bulan November tahun 1994. Lalu mengalami beberapa evolusi setelahnya. Satu bulan kemudian USB 0.8 dirilis tepatnya pada bulan Desember tahun 1994. Pada bulan April tahun 1995 USB 0.9 dirilis, lalu disempurnakan pada bulan Januari 1996 dengan versi USB 1.0 dan inilah genarasi pertama dari USB. Pada awal kemunculannya USB 1.0 mampu melakukan transfer data hingga 1,5 megabytes per detik.

Lalu USB 2.0 selaku generasi kedua dirilis pada bulan April tahun 2000 dan diperkenalkan di tahun 2001. Perbedaan antara USB 1.0 dengan USB 2.0 adalah pada kecepatannya. USB 2.0 mampu melakukan transfer data dari 57 megabytes hingga 480 megabytes per detik. USB 2.0 juga dikenal dengan dengan istilah High speed USB.

USB 3.0 resmi dirilis pada bulan November tahun 2008. Dan mulai diperkenal kan pada tahun 2010. Beberapa pembaharuan telah dilakukan pada USB 3.0 ini. Hal ini dilakukan seiiring meningkatnya penggunaan perangkat eksternal dan juga kebutuhan akan kecepatan transfer data yang lebih tinggi. USB 3.0 atau disebut sebagai ultra speed USB memiliki kepatan transfer data hingga 4.8 gigabytes per detik 6 sampai 10 kali lebih cepat dari kecepatan maksimal USB 2.0. USB 3.0 menggunakan metode transfer data full duplex atau transfer data dapat dilakukan dalam dua arah, sehingga dapat menulis dan membaca data secara bersamaan. Jenis USB 3.0 ini memiliki tampilan yang berbeda dari jenis – jenis sebelumnya. Usb 3,0 secara umum berwarna biru pada portnya yang terpasang dalam komputer atau laptop.

  • USB kabel

 

Pengertian dan fungsi USB yang banyak orang tidak tahu

                Kabel untuk menunjang USB ( Universal Serial Bus ) ini dibuat secara khusus, dan tentu pasti berbeda dengan kabel jenis serial. Kabel USB ( Universal Serial Bus ) dibuat secara khusus untuk melakukan beberapa aktifitas dengan sangat cepat. Dan tentunya kabel yang dirancang khusus untuk USB ( Universal Serial Bus ) ini memiliki beberapa keunggulan, diantaranya transfer data yang lebih cepat jika dibandingkan dengan jenis kabel serial. Kabel USB ( Universal Serial Bus ) juga bisa untuk membawa atau mengalirkan daya dari komputer ke perangkat tertentu seperti Handphone atau smartphone. Selain itu kita juga bisa menghubungkan atau melepaskan hubungan suatu perangkat ke dalam komputer saat komputer masih berjalan tanpa harus khawatir akan terjadi crash sistem didalam komputer atau  terjadinya mal fungsi dari perangkat yang kita hubungkan ke komputer. Dengan kata lain ketika kita menghubungkan perangkat baru ke dalam komputer melalui port USB ini, sistem dalam komputer akan langsung menganali perangkat tersebut. Meskipun untuk beberapa perangkat akan lebih optimal lagi jika kita melakukan instalasi melalui driver pada perangkat tersebut.

 

  • USB Wireless
Pengertian dan fungsi USB yang banyak orang tidak tahu
    Pengertian dan fungsi USB yang banyak orang tidak tahu

Selain kabel yang berfungsi untuk menghubungkan sebuah perangkat dengan konektor USB, ada juga alat penghubung yang menggunakan gelombang radio sebagai penghubung berbentuk Wireless. Untuk penghubung yang berbentuk Wireless ini sudah pasti ada 2 komponen terpisah yang masing – masing berada pada konektor USBnya dan pada aperangkatnya. Pada konektor USBnya sudah pasti ada alat yang berfungsi sebagai Receiver atau untuk menerima data berupa gelombang radio, dan pada perangkatnya ada alat yang berfungsi sebagai Transmitter atau untuk merekam dan mengirimkan data melalui gelombang radio. Seperti pada Mouse Wireless contohnya, pada bagian mousenya sudah pasti ada transmitternya, sedang pada konektor USB yang kita tancapkan pada Komputer atau laptop berfungsi sebagai Receivernya. Namun USB kabel lebih stabil dan lebih cepat dari pada USB wireless. Banyak hal yang mempengaruhi proses pengiriman atau transfer data dari transmitter ke receiver. Meskipun kalah dalam hal ke stabilan dan kecepatan, USB wireless lebih fleksibel dari pada USB kabel

Leave a Comment